Tuesday, December 1, 2009

Berbahasa

Berhubung para banci-banci kesayanganku lagi ke bandung dalam rangka ada kerjaan foto pre-wed, maka gue mulai meratapi nasib.

By the way, beneran yah kemaren ada orang terjun di dalem GI dan SenCi? Ngeri banget sih. Untung bukan di Plaza Indonesia loh, karena itu adalah kampung halaman gue dan temen2 gue. Ga mungkin juga ya mau bunuh diri terjunnya di dalem PI atau EX, soalnya kan cuma 3 lantai, kalo jatuh palingan cuma patah2.

Anyway, daripada mikirin yang serem2, lebih baik gue mengenang aib-aib di kampung halaman gue itu. Saking seringnya kita ke sana, kayaknya ga keitung deh kejadian ajaib yang pernah kita lakukan, baik itu antara kita maupun terhadap khalayak ramai. Yang paling banyak kejadian tuh kayaknya di jembatan PI-EX deh, yang ada eskalatornya tapi bukan The Plaza. Yang sekarang ada fro-yo pake stand kecil gitu jualannya.

Para banci penyanyi kan punya bahasa sendiri yah, selain bahasa banci, misalnya bahasa 'I' dan bahasa 'Aseng'. Gue sendiri cuma fasih berbahasa aseng, dan sering menggunakannya dengan kecepatan luar biasa untuk ngomongin orang-orang di sekitar gue. KK, yang memang masih dalam tahap belajar, udah bisa menggunakannya sepatah dua patah kata, walaupun kecepatannya masih bikin orang ngerti. Misalnya, kejadian di jembatan EX yah. Ada seorang cowok berbaju ijo turun dari eskalator, trus gue rasa KK ingin ngegosip tentang laki ini. Tapi karena kita hampir berpapasan, dia pakelah bahasa aseng. Sayangnya kurang lengkap,
"Nah, kasngayasnga basngajasngu IJO, NIH..."

Which means si baju ijo pasti langsung merasa yah. Sungguh ga berguna tu bahasa rahasia di mulut dia. Tapi bahasa ini emang sering bikin disaster kok, seperti temen gue yang lain masuk ke toko koper, trus dia bilang,
"Aduh, ini mah masngaaaaaa....hal."
Atau saat temen gue yg laen lagi mau bilang ada tamara blezynski,
"Wah, ada Tamarasnga!"
Atau saat temen gue yg laen lagi mau bilang ada Andre Hehanusa,
"Itu ada asngandrasnge hasngehasngahangsahehahehaaa..." (serius gue juga bingung dia ngomong apa, lebih mirip ritual penyembahan ketombe)

Kadang-kadang juga bahasa ini dipake di hal2 yang sangat ga berguna, seperti ini=inasngi, sini-sinasngi, hal2 yang ga perlu dirahasiain juga sebetulanya. Atau malah pas kita lagi semobil dan semuanya fasih berbahasa ini, kan sebetulnya ga guna juga yah kalo kita menggunakannya?!

Perbendaharaan bahasa ini juga cukup menyulitkan di saat semua banci yang berada dalam satu meja (termasuk gue) menggunakan bahasa yang berbeda.
KK : Berapose, jeung? Bismil pake indang, tinta?
Yose : Empi reti rebi eji. kembaliiiii...dewi peli rebi?
Gue : Gasnguasnge basngerasngapasnga?

Tapi toh kami saling mengerti. Aneh, memang.

4 comments:

  1. begoooo!!! gw ngakak ngakak!?!?!?!?!

    ReplyDelete
  2. gue nulisnya jg sambil ketawa2 geli2 sendiri. aneh banget sih kehidupan ini. hahaha.

    ReplyDelete
  3. Pusing bacanya.... coba sekalian aja pake bahasa Swahili atau Zulu... Ohi mbube lala.

    ReplyDelete
  4. ahahahaha.. untung g masih ngerti dikit2..
    lucu bgt nih met..

    ReplyDelete

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .
Converted To Blogger Template by Anshul .